Blog ini..

PADA MULANYA TITIK

Pada mulanya ‘ia’ hanyalah sebuah titik. Dan titik ini kemudian membelah diri menjadi dua titik. Dua titik ini membelah diri lagi menjadi 4 dan dari 4 menjadi 8 dan dari 8 menjadi 16 dan berkembang seterusnya hingga titik-titik ini semakin banyak dan tak terhingga. Titik-titik ini terus berkembang dan akan terus berkembang membelah diri.

Titik-titik ini saling berinteraksi, bertemu, bertubrukan, dan membentuk. Ada titik yang hanya bertubrukan sekali dan tidak berbentuk, tetapi ada juga yang bertubrukan dan saling membentuk. Bentuknya ada yang melengkung, lurus, lonjong, bulat, persegi, dan lain sebagainya. Dari bentuk-bentuk ini kemudian lahirlah pola-pola tertentu. Pola ini terus menerus membentuk dan akhirnya terjadilah apa yang dinamakan huruf, angka dan berbagai jenis simbol-simbol lainnya. Sebagian simbol ini ada yang berbentuk dalam skrip-skrip dan kemudian kita namakanlah itu huruf. Dan dari huruf itulah lahir yang disebut dengan sub kata yang menjadi kata.  

Tetapi sebelum berkembang ke arah lain ini, pada proses pembentukan sub kata atau kata ini, dia diintervensi oleh sesuatu yang lebih besar darinya. Ada faktor eksternal yang mempengaruhinya, maka dari sub kata dan kata ini lahirlah bunyi-bunyian.

Di peradaban manusia ini masih ada yang mengandalkan bunyi-bunyian dan berkembang menjadi sebuah Keluarga Lisan yang melahirkan tradisi lisan. Suku saya termasuk dalam kelas keluarga ini. Dan masih banyak suku bangsa di dunia yang termasuk dalam Keluarga Lisan ini. Sebagian ‘shifting’ atau berpindah ke arah Keluarga Tulisan tetapi sebagian masih bertahan atau sebagian menggunakan kedua-duanya.

Selain Keluarga Lisan tadi, sebagai variasi lain lahirlah lahirlah Keluaga Tulisan. Dan dari kelas ini,  kata kemudian membentuk frasa dan kalimat. Dari kalimat inilah kemudian diolah menjadi sesuatu yang logis dan tersusunlah paragraf yang menjadi fondasi dari sebuah tulisan, catatan, coretan, jurnal, laporan, buku dan apapun bentuknya.

Dan blog ini hanyalah kumpulan titik-titik. Sebagian menamakannya kumpulan pixel. Apapun namanya ini adalah hanya sebuah blog.🙂 Sebuah blog yang lahir dari kewarasan yang masih ada hehehe atau dari ketidakwarasan tergantung darimana melihatnya. Tetapi apapun itu, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan-sungkan meninggalkan komentar, jangan hanya titik.

———————– 

Ok, blog ini mainly intended for sharing all informations about beasiswa, studi di negara yang dituju nantinya (either in UK or the Netherlands). Jadi contentnya selain itu, juga mungkin beberapa pieces of thinkinglah.. whatever it might appear. Or, apapun yang buat saya menarik untuk ditulis dan untuk dibagi.

So, that’s what all about it. 

———————–

 

 

1 thought on “Blog ini..”

  1. Saya mendukung sepenuhnya Mas isi dari Blog ini…
    Selain Jepang, saya memimpikan bisa merasakan pendidikan di Netherlands…
    Semua usaha itu saya mulai dari sekarang meski pun baru menginjak semester IV…
    saya pun concern untuk bergabung di LSM bidang pemberdayaan masyarakat karena saya sendiri kuliah di STKS Bandung aliasn Bandung College of Social Welfare,…

    salam semangat selalu dan semangatttt!!!!!!!!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s