Tags

,

Dear all,

 cheers for you….🙂🙂🙂

 

Lalu, nanti kan akan ke Jakarta mengikuti PAT (Pre Academic Training). Basically, there are two important things. Pertama, mempersiapkan applikasi ke universitas dan yang kedua adalah mencapai skor tertentu dalam bahasa Inggris. Pertama sekali skor nilai ITP TOEFL  dan yang kedua adalah either iBT TOEFL atau IELTS (bagi yang ke Eropa). So, basically, thats all about it.  However, justru di sini juga moment2 yang menentukan itu. Karna kalo tidak persiapan selama 6 bulan yang akan berlangsung itu tidak akan maksimal. So, it will be very much better if you could prepare for now or you are well informed about it.

Basically, kalo tidak memenuhi nilai bahasa Inggris seperti yang ditargetkan, itu tidak akan membuat beasiswamu gugur. Akan tetapi, tentu tidak boleh berharap banyak untuk memperoleh kesempatan untuk belajar ke luar. Biasanya hanya di dalam negeri atau di negara tetangga seperti Malaysia, Thailand atau Filipin.

 

Mungkin advise yang bisa saya share adalah pertama mengisi form applikasi ke universitas atau apa yang disebut dengan Generic Application Form. Di sini ada banyak hal yang harus diperhatikan selain data-data pribadi yang paling penting adalah menulis FUTURE PLAN, STUDY OBJECTIVES, dan PERSONAL STATEMENT.

You can start to jott it down..🙂🙂🙂