Tags

, , ,

Informasi umum tentang development studies.

Ada beberapa universitas yang memiliki program development studies ini di UK dan Belanda yang saya sempat pelajari. Tentu saja masih banyak yang lain. Yang penting sebenarnya adalah rajin-rajin melakukan search dan mempelajari informasi-informasi yang ada. Di postingan kali ini, ada beberapa informasi yang saya dapat tentang universitas-universitas dan lembaga-lembaga research yang berhubungan dengan development studies ini. Di bawah nama lembaga-lembaga universitas itu ada dua link; satu link ke universitasnya dan yang kedua link di departmentnya. Sementara di bawah lembaga research linknya menuju ke website lembaga tersebut.

.

DAFTAR UNIVERSITAS

Oxford University
Oxford University
M.Phil in Development Studies

Oxford University masih menjadi universitas terbaik di dunia. Persyaratan masuknya lumayan ketat juga sih. IPK itu 3,8, minimal ITP TOELF 600 atau sekitar IELTS 7.5 Saya cukup tertarik dengan struktur permatakuliahannya. Oxford membagi satu tahun ajaran itu menjadi 3 term.  Di tahun pertama, mahasiswa dibekali dengan istilah Foundation Course dan Core Course. Foundation itu semacam dasar-dasar dan core itu lebih kepada inti subjek mata kuliah serta Research. Untuk Foundation coursenya, Oxford mewajibkan mahasiswa melihat development dalam 3 aspek setidaknya; anthropology, history dan politics serta ekonomi. Di Core Course kemudian mahasiswa diajak untuk melihat teori-teori pembangunan dan sosial, tema-tema yang bersifat inter-disciplinary dan dimensi internasional dari aspek pembangunan itu sendiri.

Sekali lagi memang, buat saya ini sangat ideal. Dan bagi teman-teman yang ingin masuk ke sini, jangan gentar soal persyaratannya. Coba saja…🙂

.

University of East Anglia
UEA
International Development

Kampus ini merupakan perpaduan antara kampus klasik dan modern. UEA juga terakhir ini mendapatkan prestasi yang baik untuk studi-studi development.

Yang menarik dari UEA ini adalah tawaran programnya yang sangat beragam. Jadi isu-isu yang lain itu bisa dihubungkan dengan development studies dan sangat spesifik misalnya, Development Economics, Globalisation and International Development, Rural Development, Education and Development, Gender Analysis of International Development, International Social Development, Conflict, Governance and International Development, International Relations and Development Studies.

Sayangnya, durasi studi untuk Research Masternya hanya 1,3 tahun. Bagi yang memiliki latar belakang ilmu-ilmu pembangunan dan pengalaman penelitian akademis barangkali ini pas tapi bagi yang hanya mengandalkan pengalaman lapangan seperti saya misalnya atau baru mau belajar kembali dengan salah satu fokus di research, durasi waktu ini terlalu mepet.

.

University of Birmingham
University of Birmingham
International Development Department

Saya harus akui bahwa International Development di UB ini bukanlah yang terbaik di UK. Artinya kalau mau diranking, dia barangkali masuk di 10 atau 5-7 besar.  Walaupun sebenarnya Department International Development ini merupakan salah satu yang tertua juga di Inggris.  Tetapi di tingkat kerjasamanya dengan DfID, lembaga bantuan department luar negeri Inggris, dia yang terbesar. Kalau UEA sangat dekat dengan lembaga-lembaga UN dan International NGOs, UB sangat dekat dengan lembaga pemerintah.

Program yang ditawarkannya mirip-mirip dengan Oxford dan Cambridge, M.Phil in International Development dengan berbagai tawaran research themes. Layak untuk dijajaki🙂

.

IDS (Institute of Development Studies)
IDS

Kalau Belanda punya ISS (Institute of Social Studies), Inggris punya IDS (Institute of Development Studies)🙂. IDS ini juga kumpulan dari aktivis2 NGO dari segala benua. Programnya juga banyak sekali yang spesifik. Dia adalah bagian dari  Universitas of Sussex dan benar-benar fokus pada isu-isu development itu sendiri.

.

University of Sussex
University of Sussex
IDS @ University of Sussex

.

University of Manchester
University of Manchester
IDPM Manchester University

Manchester University ini salah satu universitas terbaik di UK juga. MU memiliki program-program taught dan research master di bawah IDPM (Institute of Development Policy and Management). Saya kurang menggali informasi tentang ini memang. Tetapi kayaknya layak untuk dipelajari lebih mendalam.

.

SOAS (The School of Oriental and African Studies)-University of London
University of London
SOAS-Homepage
SOAS – Development Studies

University of London terdiri dari berbagai institut yang mandiri dan terhimpun dalam University of London ini. SOAS ini bagian dari University of London. SOAS juga termasuk salah satu lembaga terkemuka di dunia. Bedanya barangkali dengan kampus-kampus yang lain, SOAS berada di London yang artinya di kota besar. Biasanya di kota-kota besar, lahan sempit. Jadi, kalau kampus-kampus lain memiliki area yang luas dan besar, karena lahan barangkali, SOAS tidak memiliki itu. Salah satu alasan satu temanku tidak menerima offering dari SOAS karena itu :) Padahal sebenarnya sebagai sebuah institusi pendidikan, SOAS itu patut diperhitungkan. Oh ya, Budiman Sudjatmiko alumni dari sini lho🙂

Untuk development studiesnya, dia berada di bawah Faculty of Law and Social Science.

.

University of CAMBRIDGE
University of Cambridge
Develpment Studies Cambridge

Untuk development studies di Cambridge dia hanya memiliki program M.Phil dan tidak ada taught coursenya. Struktur subject mata kuliahnya juga bagus. Tidak ada salah mencoba yang ini juga.🙂 Sayang memang, bagi yang melanjut PhD harus ke department yang lain atau ke universitas yang lain karena dia belum memiliki program doktoral di development studies ini.

.

University of Amsterdam – Universiteit van Amsterdam
University of Amsterdam
Human Geography Planning and International Development Studies

UvA merupakan universitas terbaik di Belanda. Artinya dari perankingan, dia memiliki reputasi di seantro Belanda. Saya sebenarnya dapat informasi tentang IDS (International Development Studies)nya dari youtube. Saya ketik aja di situ international development, ternyata ketemu linknya yang menghubungkan ke website besarnya.

Pengalaman saya belajar berhubungan dengan universitas-universitas pada awalnya dari UvA ini. Saya menghubungi professornya di situ dan menyatakan ketertarikan saya tentang programnya serta memberitahunya bahwa saya mendapatkan link universitas dari video youtubenya. Seperti umumnya professor2 di luar negeri, dia sangat responsif dengan email saya dan membalasnya. Komunikasi kami kemudian menjadi sangat intensif dan saya mentargetkan untuk kuliah di UvA ini. Hanya saja kemudian, karena satu dan lain hal akhirnya saya menerima tawaran dari universitas lain.

Tetapi intinya, UvA ini sangat bagus koq.

.

ISS
Institute of Social Studies

Tidak berlebihan kalau dikatakan ISS ini cukup terkenal bagi kalangan aktivis sosial dari berbagai negara dan benua. Khususnya dari teman2 Indonesia, teman2 saya banyak yang tamatan dari sini. Hanya saja memang, seperti di postingan sebelumnya kenapa kemudian saya tidak tertarik dengan ISS ini, selain soal kualitas, saya agak terganggu mendengar ketika direkomendasikan ISS kalau di ISS ini mahasiswanya bisa cepat keluar. Padahal  buat saya, kita bisa pendapat soal ini, prioritas utama saya kan mau belajar.  Tetapi tentu saja penilaian saya ini sangat subjektif.  Akan sangat bijak dan baik bila didapatkan informasi lebih lanjut dari alumni2nya.

Research dan Institusi Lain

Development Studies Association
http://www.devstud.org.uk
Untuk para penggiat development studies, ada sebuah forum yang bagus untuk selalu diikuti. Namanya Development Studies Association. Silakan dikunjungi webnya.

OPHI-Oxford
Oxford Poverty and Human Development Initiative

Lembaga Penelitian ini masih di bawah naungan Oxford University. Ide-ide yang diusungnya tentang dimensi kemiskinan yang multi dimensi. Ada beberapa publikasi yang dapat dijadikan sebagai bahan atau materi tentang isu-isu kemiskinan dan pengembangan sumber daya manusia.

ESRC
The Economic and Social Research Council

Kalau saya tidak salah tangkap lembaga ini dibantu oleh department pemerintah Inggris dan mendukung banyak penelitian. Hasil-hasil penelitian sosial juga bisa dilihat di sini.

Untuk sementara kayaknya itu dulu deh.. Ntar posting lagi yo..