Tags

, ,

Teman2 mau mengambil study apa?

.

saya akan mencoba meminta ke teman-teman yang lain juga untuk posting tentang studi mereka. Tapi itu tergantung juga dari permintaan teman-teman atas informasi tentang studi apa yang ditanyakan. Silahkan tulis di bagian comment. Di cohort saya itu ada yang mengambil studi tentang lingkungan, development and education, rural development, peaceful conflict resolution, gender, psikologi, hubungan internasional, visual antropologi, islamic studies, dll..

.

Soal tempat studi, untuk cohort saya, ada yang studi di Inggris, Belanda, Amerika dan di Australia dan ada juga dalam negeri. Bagi yang studi di Inggris dan Belanda atau negara-negara Eropa lainnya masuk dalam kategori Region Eropa. Sementara yang studi di Amerika dan Canada dimasukan dalam Region Amerika dan yang terakhir; Australia, Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina masuk dalam Region in-Country. Intinya, beasiswa IFP ini memberikan kebebasan untuk belajar di mana saja di belahan bumi ini sepanjang kelasnya kelas internasional dan terkecuali yang di in-country; Indonesia. Artinya, kalau tempat studi anda menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa instruksi (instruction language)nya, maka secara prinsip itu diperbolehkan.

.

Universitas yang mau dituju juga terserah dimana saja. Ada beberapa Ford International Fellow yang studi di Oxford, Cambridge, Yale, dan kalo tidak salah ada juga yang kuliah di Harvard. Sayangnya, fellow dari Indonesia masih belum ada yang studi ke situ. Sepanjang universitas-universitas top dunia itu bisa ditembus, ya dipersilahkan hehehe….

.

Kendala-kendala yang sering dihadapi mahasiswa Indonesia yang saya tau adalah pertama kendala bahasa, Bahasa Inggris. Biasanya nilai TOEFL atau IELTSnya kebanyakan jeblok, padahal otak sih sebenarnya encer dan prestasi membanggakan. Selain itu, ada beberapa faktor-faktor yang lain. Mudah-mudahan saya bisa bahas lebih detail dalam posting2 ke depan.

.

Wah, sebenarnya saya mau menulis tentang development studies tapi yang muncul koq itu ya? hehehe… gpplah.. di postingan depan ya….🙂