Tags

, ,

Selamat buat teman2 yang sampai pada tahap wawancara. Test terakhir. Garis finish terakhir.🙂

Bagi yang belum, perjuangan harus diulang lagi apply beasiswa yang lain. Yang penting jangan menyerah. Besar kemungkinan, barangkali Bahasa Inggris anda harus ditingkatkan lagi. Mungkin. Saya tidak tahu persis karena saya bukan panelisnya, bukan panitianya dan saya tidak punya informasi sama sekali tentang kriteria seleksi ke tahap wawancara. Saya tidak tahu. Mungkin hanya faktor Bahasa Inggris atau ada faktor yang lain, saya tidak tahu. Yang penting, adalah kalau merasa Bahasa Inggrisnya kurang, sebaiknya ditingkatkan lagi. Cobalah ikuti ITP TOEFL sendiri dan lihat berapa skor yang diperoleh dan ini bisa jadi modal untuk apply beasiswa lagi ke depan. Harapannya atau amannya sih, dapatlah skor 550.. Intinya, seribu satu jalan ke roma. Kalau jalan yang anda tempuh ini sudah mencapai langkah ke 999, siapa tau di langkah satu atau dua berikutnya, anda sudah dapat.. Dimana ada niat, di situ ada jalan. begitu ya..?🙂

Seperti di postingan sebelumnya, soal trik menghadapi wawancara, saya teringat dua hal yang mungkin bisa membantu. Pertama, berlatih diwawancarai🙂 Dalam proses ini memang saya tidak pernah berlatih begitu tetapi ada satu pelajaran penting pengalaman saya mengambil ujian IELTS. Di IELTS, ada test wawancara. Nah, sewaktu kami latihan bersama, sebagian dari kami megap-megap (terbata-bata) dan tidak lancar padahal yang ditanya itu hanya seputar diri sendiri, bukan hal yang di luar pengetahuan kami. Megap-megap ini atau terbata-bata ini saya yakin karena faktor tidak terbiasa saja. Dalam latihan berikutnya, sebagian dari kami sudah mulai lancar… Dan sewaktu ujian IELTS, sepertinya tidak ada yang ngeluh soal ini. Nah, tidak ada salahnya minta tolong ke teman untuk mewawancarai anda tentang pertanyaan2 dari form applikasi anda itu dan anda berlatihlah mengungkapkan ide-ide itu.

Kedua, sambil menunggu-nunggu wawancara, mungkin tidak ada salahnya browsing tentang rencana studi anda. Anda sebenarnya mau belajar apa? Apa rencana studi anda? Dimana kira2? Trus, rencana besar anda dalam hidup anda apa? Saya masih ingat, saya pernah ditanya soal ini sebelumnya oleh panelisnya. Dan kebetulan saya sedikit jelas tentang rencana studi saya dan rencana masa depan, ya,.. jadi saya jawab aja dengan yakin diri.🙂 Sebagian dari anda mungkin sudah sangat jelas rencananya, tetapi sebagian mungkin sebenarnya masih ragu juga apa yang ingin dipelajari. (Saya akan coba buat postingan khusus soal ini ke depan, mudah2an). Tetapi kalau anda sering mengunjungi website universitas-universitas, rencana itu bisa dishape (dibentuk) dengan lebih baik.  Jadi ketika ditanyapun tentang apa yang ingin anda pelajari, anda sudah sangat yakin dengan jawaban anda. Betul tidak??🙂