Tags

, ,

Sambil menunggu-nunggu surat panggilan untuk test wawancara, barangkali tidak salah kalau saya berbagi pengalaman tentang test wawancara yang saya ikuti dalam proses ini. Pada dasarnya isi (content) yang akan diwawancarai itu ada dua. Pertama, hal-hal yang berhubungan dengan isian Form Applikasi Beasiswa yang telah diisi dan dikirim itu. Oleh karena itu, akan sangat bermanfaat untuk melihat-lihat kembali fotokopian dari applikasi anda. Yang Kedua adalah tentang isu-isu umum yang berkaitan dengan isu-isu pekerjaan anda. Atau hal-hal yang bersifat umum tergantung dari panelisnya.

Dari segi bahasa, bahasa yang dipergunakan bi-lingual; Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Campur-campur, tergantung kepada panelisnya. Saya pernah tanya ke teman sesama cohort, ternyata ada juga panelis yang mamakai bahasa Indonesia semua dalam sessi wawancara itu. Jadi ya, tergantung sih. Jadi persiapkan aja diri dengan baik sehingga tidak soal apakah wawancaranya dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Sekedar berbagi tips. Percaya Diri. Menurut saya, salah satu kunci dari menjawab pertanyaan-pertanyaan itu adalah sikap percaya diri. Artinya bahwa anda menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan penuh keyakinan. Dengan sikap penuh keyakinan, anda akan mampu meyakinkan panelis dengan jawaban anda. Jawaban anda tidak persoalan benar atau salah. Saya tidak melihat konteksnya di situ.

Oh ya, bawa juga bukti-bukti karya anda semisal fotokopian tulisan, buku atau apapun yang menggambarkan karya anda sehingga anda bisa menunjukan itu ke panelis untuk semakin meyakinkan mereka. Konon, ada temanku dari Surabaya, karena sangat bersemangatnya, dia membawa berkas-berkas kasus pelanggaran HAM yang ditanganinya dalam proses wawancara itu. Dan dia tunjukan ke panelisnya hehehe….. itu tips dari dia..

Satu lagi. Selalu tersenyum atau sekali-sekali menghela nafas tapi jangan sampai ketahuan sekali hehehe… Itu bisa menghilangkan rasa grogi. Kalau anda yakin bisa melewatinya, berarti anda bisa. Bisa dan tidak bisa itu pertama sekali ditentukan dari persepsi anda, betul tidak?

Sambil menunggu… bersiul-siul…….dan debar-debar… hehe