Tags

Jadi teman2 sudah kirim semua formnya? Pastinya sudah ya karena kalau masih belum, itu artinya sudah telambat. By the way, Selamat Tahun Baru yo… Semangat dan Harapan Baru akan terjadi tahun 2010 ini hehehe…

Lalu sekarang pertanyaannya apa yang mau dilakukan selain menunggu tentu saja?🙂

Kalau saya mengatakan teman2 bersyukurlah karena ada banyak waktu yang tersedia saat ini untuk mempersiapkan diri, ini bukan sekedar menyenang-nyenangkan hati hehe walaupun iya juga sih. Tetapi poinnya adalah betul bahwa teman2 punya banyak waktu sekali untuk mempersiapkan diri. Saya tidak tahu persis kapan akan memulai perkuliahan teman2, tetapi kalau saja tahun ini, 2010, itu artinya teman2 memiliki waktu kurang lebih 8 bulan lagi. Tetapi perkiraan saya, perkuliahannya mungkin tahun 2011 jadi teman2 punya waktu 1 tahun 8 bulan. 1 tahun 8 bulan itu waktu yang sebenarnya banyak sekali. Cukup untuk mempersiapkan diri untuk menguasai Bahasa Inggris.

Topiknya tulisan ini sekarang kan Bahasa Inggris ya.. Topik2 yang lain bisa belakangan ya.. Ok, kalau begitu sekarang, tinggal mempersiapkan diri untuk penguasaan Bahasa Inggris. Itu saja koq. Tidak terlalu ruwet dan rumit. Sangat sederhana. Persiapkan diri menguasai Bahasa Inggris dan kemudian PD (percaya diri) untuk belajar ke luar negri.. asyik euy…🙂🙂🙂 Coming to dream land to dream country… cuit, cuit, cuit… hehehe

Sekarang saya mau share aja tentang apa yang saya tahu dan teman2 ntar tambahkan ya.. Pertama soal TOEFL. TOEFL itu bermacam-macam jenisnya. Teman-teman pasti sudah tau itu. Untuk mengingatkan kembali, jadi kurang lebih TOEFL yang dipakai sekarang ini ada dua jenis. Pertama adalah ITP (Institutional Testing Program) TOEFL dan iBT (internet based test) TOEFL. Yang pertama itu, ITP, digunakan sebagai salah satu assessment (penilaian) atas kemampuan Bahasa Inggris. Jadi hanya semacam assessment saja atau untuk placement (penempatan) saja. Di sekolah-sekolah luar negeri sebelum dapat nilai TOEFL iBT yang sesungguhnya, ITP ini dapat dipergunakan untuk sementara. Jadi intinya adalah untuk masuk ke sekolah-sekolah luar negri, terutama kita dari negara yang Bahasa Inggris bukan sebagai native speakernya, TOEFL iBT ini menjadi persyaratan mutlak. Tentu saja penggantinya boleh juga IELTS. Tentang TOEFL, sekali lagi, silakan kunjungi websitenya ETS.

Nah, setelah mengirim semua form yang dimintakan oleh IIEF, dalam beberapa bulan, teman-teman akan diminta untuk mengikuti ITP TOEFL di regionnya masing-masing. Jadi beberapa daerah akan digabung dalam satu region. Seluruh biaya yang saya tahu itu ditanggung oleh IIEF (transportasi dan biaya ITP TOEFL) itu sendiri. Nah, seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya, ITP TOEFL ini penting. Artinya bahwa sebaiknya teman2 mengerjakannya dengan serius. Jangan seperti nasib teman saya dulu yang menganggap ITP TOEFL ini hanya formalitas saja dan akhirnya tidak dipanggil hingga tahap wawancara. Ada untungnya juga sih sehingga peluang saya menjadi besar hahaha…. Jangan gitu ding..:p Tetapi kalau teman-teman bisa mendapatkan 480 minimal dan bagusnya di atas 500, biasanya sih dipanggil untuk tahapan berikutnya. Tetapi kalau tidak sampai di level seperti itu ya,, keajaiban selalu menjadi harapan terakhir hehehe… dan persoalannya keajaiban itu sering sekali jarang terjadi..🙂

Lalu bagaimana menyiapkan test ITP TOEFL nantinya?? Nah, ini dia yang menarik saya kira. Jadi prinsipnya begini. Pertama sekali, kita tentu harus memahami bahwa tidak ada ‘free lunch’ di permukaan bumi ini. Bahkan burung-burungpun untuk mendapatkan makanan, kan ada usahanya juga ya. Terbang ke sana, terbang ke mari dan ketemu dan cup..cup… dapat makananya. Lalu apa hubungannya dengan TOEFL? Karena TOEFL ini sebagai salah satu persyaratan bahkan ketika andapun sudah cas cis cus Bahasa Inggrisnya, tetap aja harus ada nilai TOEFLnya. Jadi, maksud saya adalah BERINVESTASILAH.. Belilah buku TOEFL, baca bukunya dengar kaset atau CDnya dan lakukan latihan2nya. Beli buku TOEFL itu bisa di toko buku resmi (lebih dianjurkan) atau yang tidak resmi supaya lebih murah hehehe…. ngertikan maksudku?? :p Tetapi belilah.. Setidak-tidaknya fotokopilah dari teman atau tetangga terdekat kalau mereka punya. Hidup ini perjuangan, bung..!!😀

Ada 3 jenis skills yang akan diujikan di ITP TOEFL ini. Pertama adalah listening, kedua adalah structure dan ketiga adalah reading… Strateginya akan ditulis sesegera mungkin…🙂 di postingan berikutnya hehehe…