Tags

, ,

Setelah dinyatakan lulus, anda akan disebut Fellow Elect dan belum sepenuhnya menjadi Fellow. Masih ingat pemilihan presiden Amerika Serikat? Sebelum dilantik, Obama disebut dengan President Elect tetapi setelah dilantik maka dia disebut President tanpa embel-embel ‘Elect’ lagi. Nah, kurang lebih seperti itulah maksudnya. Artinya anda hanya akan berhak menjadi Fellow setelah mengikuti PAT (Pre Academic Training) baik itu di Jakarta maupun di negara tujuan pendidikan nantinya yang disebut dengan pre-master training. 

PAT ini akan berlangsung selama 6 bulan. PAT ini mencakup banyak hal. Pertama, pelatihan Bahasa Inggris dimana tujuannya tidak hanya sekedar untuk meningkatkan nilai TOEFL (ITP dan IBT) atau IELTS sebagai pra-syarat untuk apply di Universitas tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara umum. Kedua, materi PAT lainnya adalah komputer dan internet. Jadi hal-hal yang berhubungan dengan komputer dan internet anda akan pelajari juga. Termasuk di dalamnya adalah kalau saya tidak salah tentang statistik. Ketiga adalah pelatihan academic writing, menulis dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah. 

Selama 6 bulan ini, anda akan benar-benar bersyukur karena sepengetahuan saya hanyalah IPF yang memberikan persiapan yang matang ini kepada Fellownya. Saya tidak tahu kenapa organisasi pemberi beasiswa lainnya meniru hal yang baik ini dari IFP. 

Selama 6 bulan itu juga, anda akan menyiapkan Study Objectives, Personal Statement dan Future Plan yang menjadi bagian dari applikasi anda ke Universitas. 

So again, basically, you will be grateful for all these preparations.

Dan kalau anda berjuang hari ini untuk mendapatkan beasiswa ini, it’s worthy.