Tags

Tulisan ini hanya untuk sharing. Sewaktu saya di posisi seperti itu, diterima pra-pendaftaran, saya tidak menemukan referensi yang memadai dan cukup untuk mengetahui apa yang akan saya lakukan dalam setiap langkah-langkah dan kapan setiap langkah itu dilakukan. Dan itu cukup membuat ‘frustasi’. Saya pernah telpon seorang teman yang pernah menerima beasiswa ford tetapi karena kesibukannya, saya tidak mendapatkan informasi yang saya inginkan. Saya coba cari di yahoo groups beasiswa, di sini  http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/  dan lumayan membantu. Di beasiswa yahoo groups itu, lakukan ‘search’ pake kata kunci Beasiswa IFP Eko Priyo Purnomo, pasti ketemu tulisannya di situ. In a brief, saya ingin berbagi dengan siapa saja pengalaman saya and feel free to contact me or leave a comment if you have something to question. 

Baiklah, ada beberapa langkah yang saya ikuti hingga mendapatkan beasiswa IFP ini. 


Pertama
Sekitar Minggu Pertama November 2008 
Pengumuman lulus seleksi administrasi awal. Artinya bahwa berdasarkan formulir pra-pendaftaran yang saya kirim ke IIEF pada akhir bulan Juli 2008, saya telah dinilai (diseleksi) dan layak maju ke tahapan berikutnya. Saya mendapatkan Formulir Pendaftaran atau Aplikasi Beasiswa yang dikirim ke alamat via post.

Kedua.
Setelah menerima Aplikasi Beasiswa ini, saya mengisi formulir itu termasuk di dalamnya adalah mencari 3 referensi. Langkah ini sangat penting. Formulir ini harus benar-benar diisi dengan serius. Formulir ini umumnya berisi tentang data-data pribadi, informasi pribadi, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, kegiatan atau pekerjaan dan esai dalam bentuk pertanyaan sejumlah 8 item. 8 pertanyaan ini akan membongkar isi kepala anda tentang anda, hubungan antara perkembangan pendidikan dan profesi anda, dan tantangannya, pelayanan (kegiatan) kemasyarakatan anda, rencana studi, dan tujuan profesi anda dikaitkan dengan masalah sosial yang ada di Indonesia. 
Deadline pengiriman kembali Aplikasi Beasiswa ini ke IIEF 5 December 2008.


Ketiga.
13 Februari 2009
Test TOEFL . IIEF akan membiayai test TOEFL kita sekitar USD 25 dan inilah salah satu kelebihan Beasiswa Ford ini. Jadi, siapkanlah diri anda mengikuti test ini. Pernah ada teman yang meremehkan ini karena dia berpendapat toh nanti kan akan belajar TOEFL juga kalau diterima. Iya, benar tetapi tetap saja ini menjadi salah satu syarat dan langkah yang harus dilewati dengan baik. Karena kalau tidak, anda tidak akan sampai pada tahap wawancara. Benar saja, teman kami itu tidak sampai di tahap wawancara dan hanya sampai di ujian TOEFL ini.

Keempat.
Pertengahan Mei 2009
Wawancara. Nah ini dia yang ditunggu-tunggu. Kebetulan saya di Region Sumatera I, panelisnya itu berjumlah 3 orang. Dan memang mereka sangat profesional. Mereka mewawancarai apa yang saya tulis dalam formulir Aplikasi Beasiswa tersebut. Intinya adalah, anda yakinkan panelis tentang apa yang anda tulis itu. Makanya waktu mengisi formulir itu harus benar-benar serius dan sebenar-benarnya. Pointnya sekali lagi adalah bahwa anda percaya diri atas wawancara itu, anda jelaskan apa yang anda lakukan, kaitannya dengan persoalan sosial di daerah anda dan Indonesia, rencana studi, dll. 

Kelima
Medio Agustus 2009
Pengumuman Akhir. Nah, kalau anda suka buka email, sejak awal bulan agustus setiap kali saya membuka email, saya deg-degan hehehe.. Dan tiba-tiba saja ada sebuah email suka cita dari IIEF pada tanggal 12 Agustus 2009 bahwa saya diterima beasiswa. Dan rasanya Tuhan itu di samping saya pada saat itu hehehe.. Malam harinya saya tak lupa mengucap syukur kepadaNya hehehe… akhirnya…

Setelah itu, bulan Oktober 2009 saya sudah mulai pelatihan di Jakarta.

Untuk sementara itu, yang penting tetap semangat.. Beasiswa IFP Ford Foundation ini terkenal dengan berbagai kelebihannya. Jadi, kalau anda benar-benar serius melakukannya, it will be paid off. percayalah..:)

Advertisements